WHAT?

Kulit kepala sensitif merupakan kondisi yang akan dialami terus-menerus dimana kulit kepala sangat hiper aktif yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal di mana kulit kepala memiliki toleransi nol (zero tolerance scalp) karena Altered Barrier Function (HLF) dan penerimaan sel syaraf yang berlebihan.

HOW DO YOU KNOW?

  1. Gatal pada kulit kepala

Rasa gatal yang berlebihan merupakan salah satu ciri-ciri paling umum dari kulit kepala sensitif. Usahakan untuk tidak menggaruknya karena dapat membuat kulit kepala menjadi semakin rusak.

  1. Ketombe yang tidak hilang

Ciri-ciri kulit kepala sensitif selanjutnya adalah jika Anda memiliki ketombe yang tidak kunjung hilang hingga mengganggu penampilan, walaupun telah menggunakan pembersih rambut anti ketombe.

  1. Iritasi pada kulit kepala

Tentu saja iritasi pada kulit kepala dapat terjadi dengan mudah. Jika diperhatikan dengan baik, kulit kepala sensitif biasanya terlihat memerah.

  1. Kulit kepala terkelupas

Kulit kepala sensitif sering kali mudah terkelupas. Pada beberapa kasus, kulit kepala akan terasa kering dan terkelupas hingga menyerupai bentuk seperti serpihan ketombe.

  1. Kerontokan berlebihan

Siapa saja pasti mengalami rambut rontok, tetapi pemilik kulit kepala sensitif akan mengalami kerontokan secara berlebihan. Hal tersebut juga merupakan salah satu ciri-ciri dari kulit kepala sensitif.

DOs & DON’Ts

  • Hindari penggunaan alat styling rambut dengan suhu tinggi

Sebaiknya anda menghindari suhu panas dari hair dryer atau catokan karena dapat memperparah kondisi kulit kepalamu, bahkan membuatnya makin kering.

  • Mencuci rambut

Untuk mencuci rambut sekaligus membuat kulit kepala menjadi lebih rileks, sebaiknya gunakan air hangat. Hindari air panas karena dapat membuat iritasi pada rambut.

  • Pilih shampoo yang tepat

Jika anda punya kulit kepala yang sensitif, anda bisa menggunakan shampoo anti ketombe yang memang fokus dalam merawat kulit kepalamu.

  • Lakukan perawatan lanjutan di salon

Kini sudah banyak produk-produk perawatan rambut lanjutan yang spesifik untuk merawat kulit kepala. Bentuknya bisa berupa hair tonic, masker, dan juga scrubs. Untuk lebih efektif, sebaiknya dilakukan di salon yang memang melayani treatment perawatan kulit kepala sensitive.

F.A.Q

  • Bolehkah saya menggunakan dry shampoo?

Sebaiknya hindari penggunaan bahan-bahan kimia terlebih dahulu karena akan terjadi penumpukan di kulit kepala yang akan menyebabkan kulit kepala makin sensitive.

  • Bolehkah saya menggunakan minyak rambut di kulit kepala?

Karena dalam beberapa kasus rambut dan kulit kepala yang sensitive biasanya terasa kering, maka pemberian kelembapan dari minyak alami diperbolehkan, terutama yang berasal dari minyak alpukat, minyak almond dan jojoba.

  • Ketika kulit kepala terasa gatal, bolehkah digaruk?

Sebaiknya jangan digaruk karena dapat menyebabkan luka sehingga memicu bakteri untuk masuk ke dalam kepala.

  • Apakah kurang air minum dapat menyebabkan kondisi kulit kepala sensitive?

Kulit sensitif dan kering bisa disebabkan oleh dehidrasi. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memperbanyak konsumsi air putih sebagai solusi untuk merehidrasi kulit.

  • Bagaimana cara keramas yang baik dan benar untuk kulit kepala sensitive?

Cucilah rambut Anda dengan cara memijat menggunakan bagian dalam jari agar kulit kepala tidak terkena kuku. Pertama-tama, cucilah kepala bagian samping, kemudian belakang, dan yang terakhir adalah bagian depan. Cara keramas seperti ini akan membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar. Kondisi kulit kepala Anda pun lebih terjaga dengan baik.

 

VS Beauty Parlour mengerti kebutuhan anda dengan menghadirkan Inner Spa Relaxing Treatment untuk kulit kepala sensitif dan juga untuk rambut ketombe. Dengan perawatan selama kurang lebih 60 menit, anda akan merasakan  kulit kepala anda menjadi lebih bersih, segar dan mengurangi gatal. Let’s be gorgeous with VS Beauty Parlour!

Leave a comment

7 − three =

Translate »