WHAT?

Perm hair adalah singkatan dari permanent waves, suatu proses perawatan rambut yang membuat rambutmu menjadi keriting. Prosesnya meggunakan produk rambut khusus yang dapat memecah dan mengubah struktur rambut. Selain itu, dibutuhkan juga pemanas rambut dan rol rambut, hair rods atau pun curling irons. Jangan salah mengira bahwa hasil akhir rambut yang di-perm menyerupai rambut kribo.

Ukuran alat pengeriting bisa kamu pilih sesuai hasil akhir yang kamu idamkan. Mulai dari keriting kecil seperti ringlets, sampai rambut keriting besar a la beach waves yang kekinian. 

Biasanya, perming bisa bertahan hingga 6 bulan lebih. Ia tidak akan luntur, namun rambut baru yang tumbuh tetap akan mengikuti bentuk alami rambutmu.

Satu yang perlu diingat, perming lebih baik jika diaplikasikan pada rambut yang tebal dan tidak kering ataupun rusak. Proses perming menggunakan produk rambut berbahan keras yang dapat membuat rambut kering semakin kering. Untuk itu sebelum mengeriting rambutmu dengan teknik perm hair, sebaiknya benahi rambutmu terlebih dahulu.

DOs & DON’Ts

  1. Rambutmu butuh waktu istirahat

Setiap helai rambut yang terkena bahan-bahan kimia akan menjadi rapuh dan perlu diistirahatkan dulu sebelum kamu mencucinya kembali. Tunggulah setidaknya dua hari setelah pengeritingan.

  1. Gunakan shampoo khusus

Penggunaan shampoo khusus rambut keriting dan ikal sangat diperlukan guna menjaga tekstur rambut anda. Hindari penggunaan formula berjenis krim karena dapat memperberat rambut yang berujung ikal akan semakin turun.

  1. Gunakan conditioner

Sama halnya seperti shampo, pilihlah conditioner yang dibuat khusus rambut curl dengan bahan kimia. Pentingnya, memakai conditioner yang sesuai ini bisa bikin hasil keritingmu jadi halus, lebih tahan lama, dan menghindari rambut kusut.

     4. Hindari proses pewarnaan rambut setidaknya 1 bulan.

     5. Potong ujung rambut anda setiap 3-4 bulan sekali.

Bila rambutmu terlalu panjang maka akan memberatkan ikal rambut anda.

     6. Hindari berenang di dalam kolam renang yang mengandung klorin, dan sangat disarankan menggunakan topi renang untuk melindungi rambut anda.

  1. Hindari dryer menggunakan suhu tinggi

Blow dry yang biasanya menggunakan hair dryer, sangat memungkinkan hasil keritingmu jadi rusak akibat panas yang ditransfer dari hair dryer. Kalau kamu memang ingin melakukan blow dry, lakukanlah dengan hair dryer yang bisa mengeluarkan angin yang dingin (cool setting).

  1. Gunakan sisir bergerigi renggang

Hindari menyisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat setelah pengeritingan. Setelah dua hari, barulah rambut boleh disisir, tetapi menggunakan sisir bergerigi renggang dan dalam keadaan basah. Menyisir saat rambut sudah kering bisa membuatnya jadi mudah patah dan kusut. Selain itu, bentuknya pun akan berubah dan jadi mengembang, atau kamu bisa juga menggunakan jari-jari mu untuk menyisir rambutmu.

  1. Hindari mengikat rambut

Sebaiknya biarkan rambut kamu tergerai bebas selama dua hari pertama setelah dikeriting supaya bentuknya tidak terganggu.

  1. Lindungi rambut dari sinar matahari langsung

Seperti yang kita tahu, pada cahaya matahari terdapat sinar UV yang juga bisa membahayakan rambut, terutama rambut yang dikeriting. Jadi, setiap keluar rumah sebaiknya menggunakan paying atau tutup kepala. Bisa juga menggunakan produk yang mengandung anti UV.

F.A.Q

  • Bolehkah mencuci rambut menggunakan air hangat?

Sebaiknya hindari mencuci rambut menggunakan air hangat. Air hangat dapat merusak rambut karena suhunya bisa merangsang kutikel rambut untuk terbuka. Rambut jadi mudah rapuh dan cepat rontok.

  • Bahan handuk apa yang paling baik untuk mengeringkan rambut setelah dikeriting?

Rambut keriting cenderung lebih sensitive; sebaiknya pilih handuk yang berbahan kaus dan cukup tepuk-tepuk saja di area kepala.

  • Sebaiknya berapa kali seminggu saya menggunakan hair mask?

Gunakan setidaknya seminggu sekali agar rambut keriting tetap lembut dan berkilau.

  • Di bagian mana sebaiknya saya mengaplikasikan hair mask?

Cukup aplikasikan di bagian ujung rambut saja.

  • Apa yang harus saya lakukan pada rambut saya setelah mencucinya?

Lakukan teknik scrunch sehabis mencuci rambut. Sehabis keramas, flip rambut ke arah depan dan lakukan gerakan meremas atau dikenal dengan istilah scrunch. Ini penting untuk mengeluarkan natural curl pada rambutmu.

  • Bagaimana cara tidur yang benar supaya tetap menjaga pola keriting rambut saya?

Sebelum tidur, ikat rambutmu dengan gaya cepol ke atas dan pastikan tidak ada rambut yang tertinggal. Hal ini akan membuat rambutmu tidak mudah bergesekan dengan bantal dan menjaga bentuk rambutmu.

Bosan dengan rambut lurusmu? Silahkan dicoba permanent wave ini di VS Beauty Parlour. Let’s wave your world and be gorgeous with us!

 

 

 

Leave a comment

5 × 2 =

Translate »